Oleh: ahmadnurcholish | Desember 1, 2008

Kado Cinta Bagi Pasangan Nikah Beda Agama

kado-cinta1Kado Cinta Bagi Pasangan Nikah Beda Agama

Ahmad Nurcholish, Mohammad Monib

Ukuran

:

13.5 x 20 cm

Tebal

:

308 halaman

Terbit

:

Desember 2008


Agama-agama tidak menganjurkan nikah beda agama (NBA). Ada institusi yang bahkan mengharamkannya. Memang banyak masalah yang terkait dengannya. Tetapi, abad informasi dan globalisasi mempertemukan pasangan-pasangan muda lintas iman dan agama dalam jalinan cinta. Mereka berkomitmen menikah beda agama. Karena itu, agama-agama mendapat tantangan besar untuk menjawab persoalan ini dengan arif, senafas dengan prinsip agama sebagai rahmat bagi semesta alam.

Al-Qur’an dan Hadis membolehkan pernikahan seorang Muslim dengan perempuan Ahl al-Kitab. Siapa saja yang dimaksud Ahl al-Kitab itu? Bolehkah seorang muslimah menikah dengan laki-laki Yahudi, Kristen, Buddha, Hindu atau Konghuchu? Bagaimana kalau situasi sulit ini terjadi pada putra-putri Anda atau Anda sendiri? Apa yang mesti Anda pahami dan langkah-langkah yang harus Anda lakukan?

Ditulis oleh dua orang konsultan ahli berdasarkan pengalaman panjang keduanya menangani kasus-kasus NBA, buku ini tidak menganjurkan NBA, tetapi menampilkan permasalahan dan arah pemikiran bagi solusinya, dengan menghadirkan argumentasi teologis, sandaran ijtihad kaidah-kaidah ushul-fiqh, dan fiqhiyah solusi perkara ini. Inilah upaya kontekstualisasi dan rekonstruksi rukun akad nikah fiqh Islam untuk prosesi akad nikah NBA. Penulis juga menyertakan paparan filosofis makna Islam sebagai agama dan bagaimana seharusnya beragama yang sehat dan cerdas.

Buku ini merupakan karya kemanusiaan yang luar biasa.– Prof. Dr. Siti Musdah Mulia –

ISBN : 978-979-22-4200-3; 20408100


Tanggapan

  1. inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Beginilah kalau ahli bid’ah memahami agama

    • amin husein anda ahli surga???

  2. Apakah buku ini dijual di gramedia dan toko2 buku lainnya..? Thanks.

    • Saya SIgit diminta oleh om saya untuk membantu pernikahan putrinya yang kebetulan dengan pasangan beda agama. Mohon diinfokan alamat e-mail Pak Nurchalis.

      Salam,
      Sigit

  3. Ya, buku tersebut dijual di gramedia. Sekarang sdh cetakan kedua.

    Salam
    Nurcholish

    • Selamat Malam Pak Nur,

      saya ingin segera membaca buku anda,karna saya juga merupakan salah satu pasangan yang berbeda agama,saat ini saya sangat bimbang sekali,saya harap segera bisa mendapatkan buku yang bapak tulis,sehingga kebimbangan saya bisa sedikit terobati,jika berkenan saya ingin tau alamat email yang bisa saya gunakan untuk berkonsultasi lebih jauh dengan Pak Nur

      terima kasih

  4. Saya pasti beli kalo nemu buku itu,

  5. Saya dengar talk show nya di Delta FM siang ini. Begitu menyentuh dan dekat dengan pengalaman saya sehari-hari..

  6. dalam talkshow di Delta FM Jumat, 13 Maret kemarin sms yg masuk luar biasa. mencapai 400 lbh sms. Kata Sahnas ini jumlah paling tinggi sepanjang sejarah talkshow di radio tersebut.

    luar biasa

    Nur

  7. Sudah saatnya masyarakat membuat solusi tentang kenyataan hidup yang ada saat ini. Bukan hanya melihat, mencemooh dan memandang sebelah mata saja. Proficiat terbitnya buku ini, karena menjadi oase dan pemikiran baru bagi kita.

  8. buku ini benar-benar luar biasa. karena datang diwaktu yang tepat ketika saya membutuhkan jawaban dari kebimbangan.
    dan membuat saya berani mengambil keputusan untuk menjalin hubungan dengan seseorang yang non muslim kembali secara serius.

  9. Malam Pak Ahmadnurcholish,

    Saya ingin tanyakan apakah masih ada dan apakah stock buku nya masih ada di gramedia..jika saya tidak mendapatkan nya apakah saya bisa di bantui untuk mendapatkan buku itu sebagai bahan referensi saya …

    trims

  10. Met pg mas Zem,

    Saya kira msh ada, sebab stlh habis cetakan pertama (setelah 2 bulan terbit – Feb 09) langsung cetak ke-2. Jd masih byk di gremedia.

    Salam
    Nur

  11. malam pa…

    sy ingin sekali membaca buku tsb. besok sy akan mencari buku tsb di gramedia. mudahan msh ada ya pa….
    apa nda bs order via internet pa?

    salam
    ade

  12. Di sejumlah toko buku online sy kira biosa order, n fasilitas pesan antar, al:

    book.store.co.id; bukukita.com; bukudoskon.com;
    kampusbook.com; dll

    salam
    Nur

  13. Di sejumlah toko buku online sy kira biosa order, n fasilitas pesan antar, al:

    book.store.co.id; bukukita.com; bukudiskon.com;
    kampusbook.com; dll

    salam
    Nur

  14. assamualaikum….

    aloow Pa apa kbr?msh inget sya kan…

    isi buku dari Kado Cinta Bagi Pasangan Nikah Beda Agama bnr2 luas biasa.
    oia Pa, klo NBA apa tercatat di catatan sipil atw KUA?slny sya msh bingung….
    apa Pa AN ada referensi gereja tuk pemberkatan(kristen Protestan) yg bs menikahkan beda agama?

    makasih

    eliez

  15. Waalaikum salam,

    pasangan NBA mencatatkan pernikahannya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS), kalau di KUA msh belum bisa. mereka menolak pasangan beda agama.

    Ya, saya ada referensi gereja/pendeta utk pemberkatan. sekaligus juga membantu pencatatan sipilnya.

    lebih lanjut silakan kontak saya via japri or tlp.

    Wassalam
    Nur

  16. assalamualaikum….

    okz Pa, nti sya hubungi….sebelumnya atas bantuannya sya ucapkan terima kasih…

    wassalam

    eliez

  17. bukunya sudah saya dapatkan di toko buku gramedia…bagi rekan yg blom mendapatkan bisa di coba ke mall PI bagi yg di JKT dan langsung ke gramedia….

  18. jika saatnya sudah tiba saya akan minta bantuan bapak ahmadnurcholish update yah pak selalu infonya ke saya di email saya trims

  19. Dear Zem,

    Ok, semoga semuanya lancar.

    Salam
    Nur

  20. halo paknur,
    sekarag saya lagi bingung tentang hubungan saya dengan cow saya yg muslim..apakah lanjut atau putus. apakah pernikahan bisa dianggap sah kal memeluk agama masing2?

  21. Halo juga,

    pertimbangkan masak2 sblm memutuskan. tanya pada diri sendiri, hati nurani, apakah pacar Anda itu yg terbaik buat Anda. Benar2 sayang n cinta nggak sama Anda.

    Jika Anda yakin hal itu, jangan ragu, lanjut!

    Perbedaan agama tak(seharusnya) menghalangi orang utk menikah. doktrin agama dan sejarah peradaban manusia tak pernah mengatak seperti itu. Yg ada justru sebaliknya, silakan n banyak contohnya.

    Pernikahan tetap sah meski pasangan tetap pada agama masing2. Tuhan, tiodak hanya menghendaki adanya perbedaan, tapi juga sangat menghargai hal itu.

    Karena itu jika sdh memantapkan hati, ada baiknya fokuskan ke arah yg lebh serius. tetapi jika masih ragu, gamang, dsbg, jangan dulu.

    Salam
    Nurcholish

  22. Ass.Wr.Wb. P’Ahmad…

    apa bnr nikah beda agama yg ga tercatat d KUA sm aja / d anggap Zina?
    Klo nikah nya dilakukan dengan pemberkatan d greja brati pernikahn tsb cm sah scr secara kristen/ katolik dunk, status anak yg lahir gmn tuu..
    yg sy denger anak otomatis non muslim krn ada dalam perjanjian pernikahan di gereja.Trims infonya…

  23. Waalaikum salam wr wb.

    bagi yg mengharamkan nikah beda agama tentunya menganggapnya zina. Bagi yg sebaliknya tentu mengatakan itu tdk zina. Tinggal pilih mau pendapat yg mana. Islam itu majemuk, tak pernah tunggal, meski sumbernya tunggal.

    Betul, hy sah secara Kristen/Katolik. Status anak yg lahir ya anak kedua ortunya. Agama tdk otomatis mjd Kristen. Biosa didik secara Islam, bahkan bisa juga diajarkan Hindu atau Buddha.

    Yg saya tahu gereja, terutama gereja Katolik hy meminta kpd mereka yg Katolik utk mendidik anak2 mereka secara Katolik. Tdk pernah meminta mereka yg Islam utk menjadikan anaknya Katolik.

    Kalau dalam Kristen tdk ada perjanjian semacam itu.

    Salam
    Nurcholish

    • NAUDZUBILLAH MINDZALIK
      “Betul, hy sah secara Kristen/Katolik. Status anak yg lahir ya anak kedua ortunya. Agama tdk otomatis mjd Kristen. Biosa didik secara Islam, bahkan bisa juga diajarkan Hindu atau Buddha.”…
      anda mengajarkan kemurtadan kepada generasi penerus islam..

      • mas murtad kagak murtad tergantung dri sudut pandang masing-masing..ingat tuhan maha besar dia bisa menjadi buda,mohammad,isa,krisna&sidartagautama…tujuanya hanya satu agar manusia lebih dekat kepada tuhan.jdi jgn anggap agama anda paling benar.karena masih ada 4 agama yg diakui di dunia ini dan pengikutnya jga banyak.klo agama paling benar pasti agama hanya ada satu aja tdk empat agama.use your mind & heart .bukan fanatik sempit

  24. ass.

    Suatu pencerahan buat saya setelah membaca buku bapak ” Kado Cinta Bagi Pasangan NBA”. Semoga Tuhan selalu melindungi bapak dan keluarga.

    Saya Nanda (Muslim) dan calon suami saya nonmuslim (Hindu). Kami merencanakan pernikahan pada akhir tahun ini setelah 4th menjalani masa penjajakan, saya ingin menikah tanpa harus merubah keyakinan saya selama ini dan calon suami saya mengerti akan hal tersebut, walaupun terkadang dia selalu mengharapkan saya untuk dapat menyamakan keyakinan dengan dia karna alasan anak, pekerjaan dan keluarganya. Yang ingin saya tanyakan :

    1. Bolehkan seorang Muslim menikah dengan seorang Hindu ? (seperti permasalahan sodara dien tapi jawaban tidak di ulas secara langsung)

    2. Bagaimana menyakinkan ortu calon suami saya dengan keputusan ini ? (bolehkah apabila kami berbohong kepada mereka dan membiarkan waktu yang menjawab dengan sendirinya)

    3. Apabila saya membohongi secara administrasi mengikuti keyakinan suami saya untuk kepentingan tempat kerja dan keluarganya, apakah saya berdosa dan dapat dikatakan murtad ?

    4. Apakah bisa menikah beda keyakinan dalam lingkungan kerja seorang anggota TNI ? karna yang saya tahu yang diperbolehkan hanya yang seagama saja (apabila boleh bagaimana caranya pak…? )

    saya mohon Bapak dapat membantu saya dan juga sebagai mediator bagi hubungan saya ini. saya tunggu di email saya ya pak, terima kasihsebelumnya.

    wassalam

    cici

  25. Waalaikum salam

    Dear Cici,
    Maaf, bisa kirim alamat email lagi?
    Tulisanmu yg masuk ke email keburu kehapus, jd kehilangan alamat emailnya.

    Tq ya

    Wassalam
    Nurcholish

  26. Baik pak, saya kirim ulang.

  27. Ass.

    Terima kasih sebelumnya, sya akan hubungi Bapak kembali.

    Wasalam

  28. Dear Pak Nur,
    bolehkah saya berkonsultasi dengan Bapak?
    Saya sudah membaca buku bapak dan banyak yang ingin saya diskusikan.
    saat ini pun saya tengah menjalani dilema dalam hubungan dengan pacar saya yang beragama Katolik.
    saya bisa dihubungi di nadia.saraswati@gmail.com

    terima kasih banyak, pak..

  29. Malam pak nur,
    saya hamba Allah seorg muslimah dan calon suami sy seorang khatolik.kami Alhamdulillah sdh dpt restu dr ortu masing2.tp mslahnya ortu sy pengen akad nikah lbh dl br gereja sementara ortu calon suami saya pengen gereja lbh dl br akad nikah.bermasalahkah jika kami menikah digereja dl br akad nikah?dan bermasalahkah kami memiliki 2surat yaitu surat nikah dan catatan sipil karna sy pengen ada surat nikah dan calon suami sy pengen catatan sipil jg?dan apa hukum org muslim masuk gereja untk pernikahan?mhon segera penjelasannya pak!sblm dan sesdhnya sy ucapkan trimakasih.WASALAM

  30. Dear Pak Nur,
    saya mengalami kesulitan untuk melangsungkan pernikahan beda agama (saya muslim dan dia kristen) sehingga pasangan saya mengajak saya untuk menikah di Jerman. Apa yang menjadi konsekuensi pernikahan tersebut nantinya?
    Apa yang harus saya lakukan sehingga pernikahan tersebut dapat mendapatkan pengakuan legal di Indonesia.
    saya bisa dihubungi di cleopatra1712@yahoo.com
    terima kasih banyak sebelumnya, Pak…

  31. Dear Hamba Allah,
    Mhn maaf sblmnya jika saya telat merespon surat Anda.

    Sebetulnya akad nikah dulu atau pemberkatan dulu tdk ada yg lbh baik. Semua baik2 saja. Karena itu carilah kompromi yg terbaik buat kedua belah pihak. Saran saya ikuti saja bagaimana kehendak mereka. Jika sama2 pengen duluan, sampaikan bahwa hal itu sama saja, tdk ada buruknya jika dilakukan stelah pemberkatan atau akad nikah.

    Tidak ada masalah seorang muslimah masuk gereja, termasuk utk mengikuti pemberkatan pernikahan. Yg terpenting kan kita tdk dibatis menjadi Katolik. Jadi kita nggak akan pernah kehilangan keyakinan kita sbg muslim.

    Sebaiknya hy memiliki 1 catatan/buku nikah saja. Jika dua2nya punya, yakni buku nikah dan akta nikah dr catatan sipil, saya khawatir ke depannya akan menjadi masalah.

    Demikian,

    Salam
    Nurcholish

  32. klo menikah beda agama dalam lingkungan TNI bgaimana pak?
    reply via email ya pak…
    trima kasih…

  33. Mas Eqi,
    terus terang saya belum pernah nanganin pasangan yg salah satunya anggota TNI. Secara teknis sebetulnya sama saja, baik proses dan tata caranya, juga pelaksanannya nanti.

    Hanya bagaimana prosedurnya, dan apakah hal itu bermasalah di lingkungan TNI atau nggakj saya kurang tahu.

    Mungkin bisa ditanyakan ke pimpinan TNI apakah mungkin untu nikah beda agama. Jika memungkinkan secara teknis nggak ada masalah. Toh TNI juga manusia kan, jd terkait dgn soal pernikahan ya sama dgn manusia2 lainnya yg bukan TNI.

    Salam
    Nurcholish

  34. Bingung soalnya lg ngejalanin hub.bda agm jg..saya kristen n dia muslim….pengen menikah tp msh terganjal mslh beda agama…

  35. Hallo mas Nurcholis,

    saya (ce) mau nanya mengenai beda agama. karena saya islam dan pacar saya org israel. Secara KTP sih dia yahudi tp dia sepertinya tidak percaya Tuhan (stlh melihat keburukan2).
    Apakah bila saya menikah dengan dia, maka itu tidah sah? Karena kami rencana menikah di luar negeri. FYI: kami berdua tinggal di eropa.
    Keluarga pacar saya sangat open minded dan tidak mempermasalhkan perbedaan agama, ttp keluarga saya tidak merestui. Bagaimana kah hukumnya apabila saya tetap mau menikah dengan dia. Apakah termasuk zina? Karena saya tidak menemukan satu ayat di Quran yg bilang pernikahan beda agama itu zina. Saya bisa di hubungi di yana.ayu_andira@yahoo.com
    Terima kasih sebelumnya atas pendapat anda.

  36. Assalamualaikum,,,
    Saya cwe muslim, punya pacar seorang protestan, hubungan kami sudah cukup serius, tapi terhalang perbedaan agama, dan tidak ada yang mau mengalah, pernikahan beda agama tidak disetujui oleh kedua orang tua kami, tp kami tetap yakin kalau semuanya akan tetap berakhir indah, kami sekarang bingung dengan apa yang kami ketahui tentang pernikahan beda agama, banyak yang melarang,tp tidak sedikit pula yang telah melaksanakan, kami pasti terfikirkan tentang anak kelak, tapi kami yakin, kami bisa tuk berkompromi, untuk urusan keagamaan, selama ini kami tidak pernah permasalahkan, kami saling menghormati,,,sekarang kami bingung, apa yng mesti dilakukan, sedangkan niat untuk menikah semakin kuat,,,
    mohon kiranya dapan memberi masukan buat hubungan ini pak,,,
    atas perhatiaanya saya ucapkan terima kasih

  37. Waalaikum salam,
    agaknya mmg sulit jika belum ada restu dr ortu. pernikahan beda agama mensyaratkan adanya restu dr kedua orang tua.

    karena itu, mau tdk mau berusahalah terlebih dahulu utk mendapatkan itu. baru stlh itu melaju ke jenjang berikutnya, nikah.

    pasangan islam-Protestan tetap bs menikah meski berbeda agama. dapat dgn akad nikah, pemberkatan, lalu pencatatan sipil.

    Salam,
    Nurcholish

  38. asalamualailum
    gini pak saya mau tanya,saya mencintai ce yang beragama khatolik dan orang tua kami sama2 merestui.yanag jadi permasalahannya apalah pernikahan harys dilaksanakan di liar negri?apa bisa dilakukan di indonesia?dan apa syarat2nya.saya tunggu pak konsultasinya kirim diemail saya riya.akprin@gmail.com
    terimakasih banyak

    asalamualaikum wr.wb

  39. a’udzubillahi minasyaithonirrajim…
    semoga Alloh SWT membalas setiap perbuatan
    membukakan pintu hati orang-orang yang tersesat dan bid’ah
    sebaiknya saudara benar-benar taubatan nasuha!!!
    Islam TIDAK PERNAH MENGHALALKAN (MENGHARAMKAN) PERNIKAHAN BEDA AGAMA
    tunggu saja azab Alloh SWT kepada makhluk2 yang tidak beriman secara kaffah…
    jangan jadi LIBERAL yang merusak hukum2 Islam yang sudah jelas aturannya (Al Qur’an dan Sunnah)

    • Di Islam mengharamkan nikah beda agama di mana ya tulisannya? Harap kalau menulis jangan asal tanpa ada bukti.

      Tulis surat mana, ayat berapa, dst.

      Terus, apakah anda mengatakan bahwa Yasser Arafat itu kafir?

  40. Ya akhi Hisbulloh,
    nama Anda keren “Tentara Tuhan”, tapi koq kurang memahami apa yang diturunkan-NYa, yakni Qur’an dan Sunnah???

    Terima kasih do’anya

    Wassalam

    • Nama Saya Hafid….
      Tapi sementara ini saya di pihak Pak Ahmad Nurcholis….
      MantabEK… he2…

  41. Assalamu Alaikum Wr Wb

    Menurut pak Nurcholish.. bila pasangan Islam-Protestan ingin menikah bisa dengan akad nikah, pemberkatan lalu pencatatan sipil.. Yang ingin saya tanyakan.. Pada akad nikah.. Apakah yg Non Muslim itu harus mengucapkan Kalimat Syahadat terlebih dahulu ? Mohon balasannya via email karena saya ingin berkonsultasi lebih lanjut.

    Atas perhatiannya saya ucapkan Terimakasih.

  42. dear putri,
    silakan email ke saya: nurcholish2006@yahoo.com

    salam,
    Nurcholish

  43. Selamat siang, Pak Nurcholish.
    Saya laki2 Katholik n pasangan saya beragama Islam.
    Saya tertarik dan ingin sekali membaca buku anda setelah mendapat informasi dr teman saya klo ada buku yg membahas ttg pernikahan beda agama.
    Saya sdh mencari ke beberapa toko buku online tetapi semuanya tdk punya stock n katanya penerbit sdh tdk mencetaknya lg.
    Apakah Bapak tau dmn toko yg msh menjual buku tersebut atau Bapak punya stock buku yg bs dijual?
    Terima kasih sebelum dan sesudahnya..

  44. Dear Mas Thomas,
    jika yg anda maksud “Kado Cinta” mestinya masih ada di toko2, terutama gramedia. Coba di gramed Matraman or Pondok Indah, bbrp waktu lalu sy masih melihatnya di sana.

    tapi kalo yg anda maksud buku saya lainnya, seperti “Memoar Cintaku” atau “Pernikahan Beda Agama” sdh lama menghilang di toko2.

    Saya jg gak ada stoknya, hanya ada masing2 1 buku utk koleksi sendiri.

    Salam,
    Nurcholish

  45. Assalammualaikum pak An..

    pak saya seorang wanita yg beragama Kristen,saya punya pacar seorang Muslim.Kami rencana ingin menikah.kalau dari pihak keluarga saya sudah setuju,apalagi mami saya..karna dia orang yg tidak pernah membeda-bedakan agama.Tetapi disini ada 1 masalah,mama dari pacar saya ini tidak setuju anaknya menikah dengan saya kalau saya tidak masuk islam.Memang pacar saya ini ibu nya keturunan arab,tapi pacar saya tidak mau p[using dengan masalah agama,asalkan kami bisa saling menghormati satu sama lain.Bahkan pacar saya tetap akan menikahi saya walaupun ibu nya tidak setuju.tentang masalah ini,mami saya sudah tahu,dan mami bilang,dia akan tetap merestui pernikahan saya dengan pacar saya nantinya.
    Saya sungguh tersentuh membaca artikel bapak dan buku ini..Karna bagi saya pribadi,agama tidak bisa dijadikan patokan.Tuhan menciptakan perbedaan bukan untuk dibedakan,tetapi disatukan.Contohnya Lidya Kandao dan Jamal Mirdad.yang 1 rajin ke Gereja,yg 1 rajin sholat…alangkah indahnya bila perbedaan itu dijadikan 1…
    Saya mohon bantuan doa dan solusinya ya,pak…
    Terimakasih banyak
    Tuhan memberkati anda dan keluarga semua
    Amin.

  46. alaikum salam Yesika,
    jika diperlukan, saya siap membantu anda utk mewujudkan keinginan anda melangkah ke jenjang pernikahan.

    seperti pasangan lain yg sdh kita bantu, pasangan Kristen-Muslim tetap dapat menikah meski berbeda agama. Pernikahan tersebut dapat dengan akad nikah, pemberkatan, lalu pencatatan sipil.

    silahkan kontak saya by phone (0813 1106 8898) atau via email (nurcholish2006@yahoo.com) utk keterngan lbh lanjut.

    Salam,
    Nurcholish

  47. assallamualaikum. wr. wb
    saya yunita, Kasusnya sama dgn yg lain2.. saya Islam, pcr saya katolik.. Sudah hampir 2 thn lebih menjalin hubungan dng pcr saya.. Kendala nya sy msh takut untuk minta restu dgn keluarga terutama kakak pertama sy yg sangat menentangnya.. begitu jg dgn dia.. Ingin sekali kami menikah, tp permasalahannya 1 beda agama. Dia pernah janji ” tidak akan pernah meninggal kan sy apaun yg terjadi nanti..”, aku jg demikian. yg saya tanyakan, apakah bisa menikah seandai nya saya tdk dpt restu org tua???, terkadang ingin sekali sy nekat dgn keinginanku ini, menikah beda agama. tp sy berat dgn keluarga dan berat jg kalo hrs pisah dgn pcr sy.. tlg ksh saran bagaimana sy hrs memberi pengertian kpd keluarga sy supaya sy dpt nikah beda agama.. trimakasih wassalam..

  48. saya mau bertanya lagi pak, seandainya di KUA tdk mau menikahkan pasangan beda agama, bagaimna sy bs menikah beda agama?, keinginan pcr sy menikah secara katolik dng catatan sy tdk msuk katolik, tp sy jg menginginkan menikah secara islam agar mensah kan bagi saya.. tlg bagaimana solusi terbaik nya.. mhn atas jwbnya, trimakasih..

  49. dear mbak Yunita,
    pasangan islam-katolik, selain dapat melaklsanakan pemberkatan gereja, juga dapat melaksanakan akad nikah. hanya saja akad nikah tsbt tdk dgn penghulu dr KUA, sebab mereka pasti tdk mau karena beda agama. karena itu alternatifnya dgn penghulu di luar KUA. dgn seorang ustad atau kiyai yg bersedia utk itu. nanti saya akan siapkan utk itu.

    meski bukan dr KUA, akad nikah tersebut tetap sah sespanjang memenuhi 5 rukun/syarat penikahan dlm islam.

    dengan demikian pernikahan anda sah menurut katolik, sah menurut islam, sah juga menurut negara, sebab akan dicatatkan ke kantor catatan sipil (DKCS).

    tinggal anda usahakan dulu utk mendapatkan restu dr orang tua anda. sebab akan sulit utk menikah, baik pemberkatan maupun akad nikah jika belum ada restu dr orang tua. jadi, berusahalah terlebih dulu utk mendapatkan restu itu.

    salam,
    Nurcholish

  50. Seandainya cm melaksanakan Pemberkatan gereja tanpa akad nikah.. bagaimana hukum nya bagi saya yg beragama islam???, berarti hrs ada akad nikah jg yaa.. trus mempelai lelaki yg non muslim apa hrs baca syahadat ??? seandainya tidak, bagaimana???, terimakasih..

  51. sebetulnya tetep sah sbg pasangan suami-istri, sebab yg sah menurut agama tertentu, agama lain akan mengamini saja. logikanya begini: org islam yg nikah secara islam kan gak pernah diprotes oleh non-islam, begitu jg sebaliknya.

    tetapi, biasanya kebanyakan merasa kurang afdhol jika tdk secara islam juga, yakni akad nikah. bahkan ada yg bilang belum sah, sebab blm sesuai dgn cara islam.

    jd silakan nyaman yg mana. jika tdk perlu akad nikah ya tdk usah. tapi baik nya bicarakan dgn keluarga juga, jika mereka tdk memermasalahkan tanpa akad nikah ya tdk perlu. tp jika sebaliknya, baiknya dilaksanakan saja. menurut saya itu jauh lbh baik.

    salam

  52. Assalamu’alaikum Pak Nur,

    Perkenalkan, saya arum. Mumpung ada tempat konsultasi ni ya Pak. Masalah saya sama dengan yang lain, saya muslim dan calon suami saya katolik. Kami berdua sudah merencanakan pernikahan dan orang tua juga sudah tau kondisi masing-masing. Kami juga ingin tetap pada keyakinan kami masing-masing.
    Dalam perencanaan pernikahan ini, keluarga saya menginginkan ada akad nikah, saya pun juga begitu. Nah, yang jadi masalah adalah karena yang menikahkan adalah KUA maka calon saya harus mengganti KTP nya untuk sementara. Bagaimana saran dan pendapat Bapak?
    Di lain pihak, keluarga calon saya juga menginginkan adanya pemberkatan. Yang jadi masalah, karena mereka inginnya pemberkatan dilakukan di gereja, sedangkan saya dan keluarga tidak mau jika harus di gereja. Jadi, pemberkatan di rumah saja gitu..

    Saya mohon saran dari Bapak. Bagaimana sebaiknya ya? Saya dan calon suami bahkan berencana menikah di Bali yang katanya bisa menikahkan beda agama. Tapi, biayanya sangat besar. Adakah solusi Pak? Oya, domisili saya di Jogja

    wassalam,
    arum

    • dear Mbak Arum,
      Sy lupa, apakah sdh membalas surat anda apa belum. jika belum, sy siap membantu permasalahan yg anda hadapi. Utk pasangan Islam-Katolik dapat menikah dgn cara akad nikah, pemberkatan, lalu pencatatan sipil.

      saat akad nikah, mempelai katolik tak perlu membaca syahadat. begitu pula saat pemberkatan, yg muslim tak perlu dibabtis terlebih dahulu.

      Dokumen, seperti KTP juga tdk perlu ada yg diganti/rubah.

      demikian Mbak. silakan kontak sy lagi jk ada yg blm jelas.

      Mohon maaf jika sy ternyata brau balas saat ini.

      Salam,
      Nurcholish

  53. pak,maaf yesika baru balas.Saya baru ngecek ternyata tulisan saya dibalas sama bapak…Terimakasih banyak yah,pak…saya senang sekali…
    baik pak,nanti saya akan email bapak atau tlp bapak langsung…
    oh iya saya juga udah add facebook bapak yah…terima kasih banyak,pak

  54. Assalamualaikum, Pak Nurcholis.

    Saya Achi, saya mau bertanya.. Dapatkah pak Nurcholis membantu kami dalam memberikan informasi dimana tempat yang bisa menikahkan pasangan yang berbeda keyakinan. Saya beragama Kristen dan Calon Suami saya seorang Muslim, pertengahan tahun ini kami sudah merencanakannya di Thailand, tapi hingga kini kami belum menemukan informasi yang tepat mengenai keberadaannya dan persyaratannya, padahal tiket kesana sudah ditangan. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri, apakah pak Nurcholis tahu dimana tempat yang tepat dan apa saja persyaratannya, yang menurut kabar bisa dilaksanakan di Bali?? Terima kasih sebelumnya.

  55. Assalamualaikum wr.wb, Pak Nurcholis

    Perkenalkan saya Achi, saya ingin meminta bantuan informasi mengenai tempat dan persyaratan pernikahan beda keyakinan. Karena saya dan calon suami saya berbeda keyakinan. Saya Kristen dan calon suami saya seorang Muslim. Pertengahan tahun ini kami sudah merencanakannya di Thailand, bahkan tiket kesana sudah kami peroleh, tapi hingga kini kami belum memperoleh informasi yang tepat serta persyaratannya?? Menurut kabar yang saya dengar, apakah benar pernikahan beda keyakinan ini juga dapat dilaksanakan di Bali, apakah kami dapat di-share informasinya mengenai hal tersebut. Informasi pak Nurcholis akan sangat membantu kami, terima kasih sebelumnya.

  56. dear Mbak Achi,
    Anda tak perlu bingung hinga ke luar negeri. di indonesia pun bs dilaksanakan pernikahan beda agama. bahkan dgn akad nikah, pemberkatan, lalu pencatatan sipil.

    sy bs membantu untuk itu, yakni menghadirkan penghulu utk akad nikah, pendeta untuk pemberkatan, dan pengurusan ke catatan sipil.

    salam,
    Nurcholish

  57. sore pak ahmad nurcholis…ini aku yesika yg waktu itu sudah crita ke bapak tentang masalahku…
    Pak,aku dan pasanganku bahkan sudah ngomong ke keluargaku un tuk segera menikah…Nah,ak bagaimana yah menghubungi bapak?atau bisa bicara ditelpon supaya bisa lbh jelas?Karna saya sudah sempat tlp bapak ke 0813 tetapi tidak diangkat2…
    karna saya dan keluarga saya butuh skali supaya saya bisa nikah dengan sah dan dapat surat nikah…
    Terimakasih banyak sblmnya…
    saya jg sudah ada di facebook bapak…(can-can chucky) dgn alamat email facebook (yesika_cancan@yahoo.com)

  58. Assalamu’alaikum,

    Semoga akhi ahmad diberi taufik olehNya.

  59. Sore pak
    Saya vita yang kemarin hub Bapak lwt telpon, kami sudah cerita ke ortu utk nikah tapi ortu cowokku tetap tidak merestuinya, jadi kami sepakat utk sekarang ini kami pisah dulu tapi tetap telpon & ketemuan sampai ortunya merestuinya.
    Atau apakah ada jalan yang lain tanpa harus pisah sementara…? mohon solusinya ya pak.

    • dear mbak Vita,
      Saya sdh balas melalui email anda

      salam,
      Nurcholish

  60. Terimakasih Bp. Nur
    Bahagia rasanya saya menemukan situs ini , saya juga sama memiliki masalah NBA , saya muslim dan calon istrisaya kristen , cukup jelas sekali saya baca beberapa kometar dan pertanyaan disini saya ingin minta bantuan untuk mewujudkan tujuan saya .
    kira kira apa yg harus saya siapkan untuk melengkapi persyaratan pernikahan , biaya berapa , dimana saya bisa melangsungkan pernikahan itu ? dan mohon di jelas kan kalau menggunakan tatacara agama kristen bagaimana , kalau islam bagaimana . atas bantuannya saya ucapkan terimakasih mohon infonya dan kabar baik bisa di kirim ke alamat email saya : denur_0409@yahoo.com

    Semoga allah swt
    membalas kebaikan bapak dan keluarga

    Salam Baik
    Bimo

    • Dear Mas Bimo,
      Sesuai permintaan Anda, sy sdh balas via email Anda

      Salam,
      Nurcholish

  61. Saya udah cari bku ini ke gramedia, dan stok ksong, saya juga udah pesan buku ini ke gramedia tp sampai hari ini belun ada balasan, kira2 ada cara lain tidak memesan buku ini, thx…

    • mungkin bs cari melalui toko buku2 online. caranya bs searching melalui google dgn mengetik “Kado Cinta bagi Pasangan Beda Agama”, maka nanti akan ditelusurkan ke sejumlah toko buku online yg menjual buku tsb.

      Salam,
      Nurcholish

  62. maaf email saya yang bener fransrudolf{at}gmail.com

  63. maaf….
    sebelu dan sesudahnya ini dikarenakan ilmu saya yg masih terlalu dangkal…
    kalau memang di izinkan ada pernikahan beda agama…..
    1.bukannya dalam islam saat berhubungan dengan pasangan ada doanya(minta perlindungan kepada Allah dari setan) bagaimana bisa sedangkan pasangan kita non muslim??
    2.Dalam islam pun dikenal mandi junub…setelah berhubungan kita wajib mandi junub, apakah non muslim juga mengenal mandi junub???

    • Setiap agama memiliki cara masing2 dalam berkehidupan, termasuk dalam hal hubungan suami isteri. Akan tetapi jika kita telisik lebih mendalam, pada aspek subtansial tujuannya sama. pun da;am hal doa, mungkin bahasanya saja yg berbeda, tetapi muatannya bs saja sama. I nilah yg oleh para sufi atau pelaku agama yg menitikberatkan pada aspek spiritual menyebutnya dengan: pada tataran eksoterik (syariat) setiap agama memiliki perbedaan, tetapi pada sisi esoterik (semangat spiritual) tujuannya sama, yakni sama2 berasal dari Tuhan dan sama2 utk kemaslahatan bersama.

      Salam

      • saya setuju dengan pendapat anda..jangan kaku-kaku bangetlah jadi manusia.agama itu kan ciptaan tuhan medianya melalui manusia.makanya tuhan maha besar dia bisa jadi mohammad,isa,sidartagautama,budha,krisna.jdi semua agama tujuanya baik mengarahnya ke surga..manusialah yg melakukan pengkotak-kotakan atas dasar agama.intinya pikiran qta harus lebih terbuka terhadap perbedaan karena apabila tdk terbuka akibatnya seperti kaum radikal yg mengatasnamakan agama like Mr.osama yg akhirnya di dor ama navy seal…PEACE

  64. Untuk teman2 yang perlu buku ini masih ada di gramedia grand indonesia.
    Buku ini sangat menyegarkan bagi saya yang memiliki masalah yg juga dialami teman2.
    Terima kasih buat Mas Nurcholish dan Mas Monib atas dibuatnya buku ini.
    Mas Nur, saya kirim email mengenai masalah saya, mohon balasannya ya..
    Terima kasih sebelumnya.

    Salam,
    Ria

  65. mas. .orgtua saya sgt kental dgn agama islam. .bahkan mreka sama skali tdk mengijinkan saya tuk brhubungan dgn beda agama. . .saya sedih. .bgmna mnjelaskan pda orgtua saya ttg ini. .saya bingung. .saya sgt mencintai pacar aya . .sayangnya qta bda agama. .saya muslim dan dia katholik

  66. Ass.wr.wb
    Yth: Bapak Ahmad Nurcholish
    Saya sangat berterima kasih dengan diterbitkannya buku ini. ini merupakan salah satu pencerahan bagi pasangan beda agama. dan telah mencoba beberapa cara yang ada di dalam buku ini. akan tetapi belum ada hasilnya. saya butuh mediator antara saya, pasangan dan keluarga saya. saya sangat sedih,tertekan, dan hampir putus asa dengan masalah saya yang telah saya alami kurang lebih 5 tahun ini. saya ingin sekali bertemu dengan Bapak Ahmad Nurcholish, besar harapan saya untuk dapat bertemu langsung dengan bapak untuk dapat berkonsultasi secara langsung. Mohon bantuan info selanjutnya pak…
    saya ucapkan banyak terima kasih sebelumnya.

    • Waalaikum salam wr wb.
      Dear Mbak Icha, Insya Allah saya siap membantu permasalahan yg tengah anda hadapi. Seperti yg saya sampaikan by phone kita akan bincangkan ketika bertemu nanti. Semoga ada jalan keluar yg terbaik bagi anda, pasangan dan keluarga anda.

      Wassalam,
      Nurcholish

  67. Salam…
    Pak saya tinggal di kota Makassar Sul-Sel…
    kira2 buku bpk sy bisa beli d mn ya…????
    mohon infonya segera…..
    trims sblmnya…

    • Di beberapa gramedia bisa didapatkan, tetapi saya kurang tahu apakah gramedia Makassar juga ada. Jika mau, saya bisa mengirimkannya ke alamat anda. Silakan beri alamat lengkap + kode pos, besok saya kirim buku tersebut.

      Salam,
      Nurcholish

      • salam…
        Pak saya tinggal di kota Surabaya…
        kira2 buku bpk sy bisa beli d mn ya…????
        mohon infonya segera…..
        trims sblmnya…
        soalnya d gramedia expo surabaya tidak ad….kosong.

  68. Salam Kenal Pak Nur, Nama saya Edwin, saya tinggal di daerah Cimone – Tangerang, Dimana pak saya bisa dapatkan buku bapak yang berjudul kado cinta bagi pasangan nikah beda agama ini?? Kalau saya langsung membeli sekalian bertemu bapak bisa pak? Kebetulan saya sekarang sedang menjalankan hubungan dengan wanita Muslimah pak, sedangkan saya sendiri beragama Budha. Bisa tolong dibantu pak, karena kalau ke BSD saya sangat dekat pak. Sekarang saya juga membaca buku bapak lainnya yg tentang pernikahan beda agama pak..:) Terima Kasih Banyak sebelumnya pak.

    Regards
    Edwin,S.H.

    • Dear Mas Edwin,
      Saya sdh balas melalui email Anda

      Tks. Salam,
      Nurcholish

  69. assalamualaikum pak
    saya seorang muslim n pacar saya katolik
    kami sudah brpacaran 3thn n ingin segera menikah dgn keyakinan masing2,saya tdk keberatan jika hrs menjalani kpp n pemberkatan dgereja selama tdk dbaptis tp mslhnya pada waktu akad nikah,pihak laki2 lah yg mengucapkn ijab kabul,apakah ijab kabul itu sah secara islam jika dy seorang non muslim?
    dan apa bedany pencatatan d kua n dkcs?apakah akan brmasalah bgi calon suami yg brstatus pns?
    saya pernah membaca artikel yg mengatakn bhwa seorang katolik yg menikah dgn cara islam tdk diizinkn mengikuti komuni sblm melakukan pertobatan
    mohon saran tntng buku2 yg mengulas nba islam-katolik,n dmana mendapatknny

    • Dear,
      Pasangan Islam-Katolik dapat menikah dgn cara akad nikah dan pemberkatan gereja. Saat akad nikah mempelai katolik tdk perlu membaca syahadat, sebab syahadat tdk termasuk syarat/rukun nikah dlm islam. Juga saat pemberkatan, mempelai muslim tdk akan dibabtis terlebih dahulu. Jadi tetap pada agama masing2.

      Ijab kabul yg dilakukan tersebut (akad nikah) tentunya sah menurut islam spanjang memenuhi rukun nikah sesuai ajaran islam, yakni:
      1. Adanya mempelai laki2 dan perempuan
      2. Adanya wali nikah (ortu/ayah mempelai perempuan)
      3. Adanya 2 org saksi
      4. Adanya mahar/mas kawin
      5. Ijab kabul pada saat dilaksanakan akad nikah.

      Jika akad nikahnya tanpa mengharuskan mempelai katolik utk mengucapkan syahadat maka tdk akan ada masalah. Yg jadi masalah jika menbgucapkan itu, dan itu biasanya jika penghulunya dr KUA. Karena itu akad nikahnya kelak tdk menggunakan penghulu dr KUA, melainkan dgn kiyai atau ustad yg bersedia utk menjadi penghulunya.

      Tidak diijinkan mengikuti komuni sebab mungkin menikahnya melalui KUA di mana ia harus mengucapkan syahadat. Dg itu dia sdh dianggap muslim. Makanya diminta utk melaukan pertaubatan.

      Selain di buku “Kado Cinta” ada juga di “Pernikahan Beda Agama: Kesaksian, Argumen Keagamaan dan Analisis Kebijakan”. Dapat diperoleh di bbrp Gramedia, bs juga memesan melalui saya.

      Ulasan ttg NBA dlm persepektif Islam dan Katolik dapat juga anda baca di http://www.nikahbedaagama.wordpress.com

      Demikian, semoga membantu
      Salam,
      Nurcholish

  70. Saat ini bukunya masih ada tidak ya di gramedia?

    • di beberapa gramedia mungkin masih ada.

      silakan kontak mbak Yudith/gramedia utk mendapatkan info di toko mana saja. ini kontaknya: 0811 1908 380

      salam.
      Nurcholish

  71. Saya Baru beli bukunya hari ini di gramedia pejaten boleh sy bertanya via mail, krn kebetulan sy mengalami hal yg sama keluarga setuju,
    Tapi kami bingung bgmana kami bisa menikah ke alamat mail mana bisa sy hub or tel?
    Trims

    • Dear Mutiara,

      Salam kenal sblmnya. Anda bisa melayangkan ke alamat email: nurcholish2006@yahoo.com, atau kontak ke: 021-9214 6559 & 0813 1106 8898

      Salam,
      Nurcholish

      • alamat saya di jl. Tamiang no.4, haur jaya. Bogor 16162.

        Terima kasih ya pak.

  72. Saya mengalami kasus yg sama. sy sangat tertarik dengan buku-bukunya, bagaimana caranya saya bisa mendapatkan buku2 itu, dan buku lainya yg membahas tentang pernikahan beda agama (di gramedia tempat saya sudah tidak ada lagi bukunya), semoga kiranya buku2 tersebut dapat membantu pernikahan kami yg diambang perpisahan (kami sudah dikaruniai 2 anak) dan kami selalu khawatir pernikahan ini tidak sah dan zinah (karena suami nonmuslim), atas bantuannya saya ucapkan banyak terimakasih.

  73. selamat siang,

    saya sudah mencari buku ini dari tahun lalu d gramedia, tpi sudah tidak ada pak. bagaimana ya caranya saya bisa mendapatkan buku ini, kebetulan saya sedang mempersiapkan pernikahan dan saya berbeda agama dengan pasangan. terima kasih.

    febi-bogor

    • dear mbak Febi,
      Besok bukunya saya kirim ya, ke alamat yg anda berikan.
      Teman2 yg lain masih bisa mendapatkannya, kebetulan stok di kantor masih ada.

      salam,
      Nurcholish

  74. assalammualaikum pa nur,
    pa apakah bukunya masih ada di gramedia atau toko2 buku lain’y??saya butuh buku ini agar saya tau apa yg harus saya lakukan dengan keadaan saya sekarang,terima kasih.

  75. assalamu’alaikum wr. wb.

    perkenalkan pak nama saya dinda. dan saya sangat terbantu sekali dengan adanya buku bapak dan saran2 yang bapak sampikan mengenai permasalahan pernikahan beda agama ini, karena memang saya sedang menjalaninya sekarang. saya seorang muslim dan calon suami saya seorang nasrani, dan kami berencana menikah bulan juni tahun 2012 ini pak. jelas kendala pertama adalah masalah surat nikahnya. dari yang saya baca bapak bisa membantu untuk pengurusan surat2nya ya pak, sehingga tidak perlu merubah identias agama masing2. kalo boleh tahu apaq saja syaratnya pak ? tolong saya diberikan info mengenai persyaratannya melalui email saya dinda.ayu2187@yahoo.com. jawaban bapak akan sangat saya tunggu. sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bimbingan dan balasan dari bapak.

    wassalamu’alaikum wr, wb

  76. Assalamualaikum,saya rully pak,rencananya saya akan menikah bulan mei 2012.. Tapi tidak ada yg penghulu yg berani menikahkan kami.. Karena pacar saya beragama budha,sedangkan saya Muslim.. Dan saya dengar bapak bisa membantu pernikahan beda agama.. Persyaratannya apa saja ya Pak? Bole saya minta no tlp bapak?

    • Waalaikum salam wr wb.

      Dear Mas Rully,
      Ini kontak saya: 0813 1106 8898; 021-5120 6554
      Email: nurcholish2012@gmail.com

      Salam,
      Nurcholish

  77. Nice posting & Nice sharing 🙂

  78. nice posting, nice sharing 🙂

  79. Alhamdulillah th 2010 saya sdh membeli buku tersebut. Bener2 sebuah buku yg memberikan pandangan berbeda. Pernikahan beda agama memang susah diterima oleh masyarakat qta, akan tetapi ini adalah kenyataan yg bnyk qta dpti dan qta tidak boleh langsung memberikan cap jelek, krn pasangan spt ini sebenarx jg tidak berharap mengalamix. Berilah mreka dukungan, dan solusi terbaik bukan malah mencemoohx.

  80. masih punya bukunya ga?nyari2 di gramedia kok abis..beli online kok ga ada balasan sama sekali..

  81. NAUDZUBILLAHI MINDZALIK,YA ALLAH LINDUNGILAH HAMBAMU INI DAN ANAK KETURUNANKU DARI FAHAM YG SESAT DAN MENYESATKAN SEPERTI INI.MUDAH2AN MEREKA CEPAT BERTAUBAT DAN ENGKAU BERIKAN HIDAYAH.

  82. salam hangat mas….saya puny ab yg umurnya sdh di ats 35 thn n seorang nasrani. selama ne ab sy mjalin hub dgn seorang wanita muslim dan sdh mjalin hub hmpr 8thn tp tbentur dgn pbedaan iman.
    kmrn ab sy mhub ortu sy u mint ijin nikah beda agama dan ortu sy sdh mberi ijin dan bgtu jg ortu wanita tsb jg sdh mnemui ab sy dan mberi mrk ijin u nikah beda agama.
    tp km msh bngung bgmn cr agar mrk bs mlangsungkn pnikahan tsb di indonesia krn kl hrs k singapur tll byk memakan wkt n biaya . mohon bantuanx mas. ortu k dua blh pihak sdh stuju. thnx mas

  83. syukur alhamdulillah sy menemukan buku yg bapak tulis…
    sy menjalin hub dengn pria non muslim ni pak,n skrng km memutuskan untuk menikah. Selama km menjalin hubungan masalah agama g pernah menjadi pengalang ato masalah bg km krn km sm” menghormati. Persyaratan apa pak yg harus km penuhi untuk bs mencatatkan pernikahan km nantinya…trimakasih

  84. Saya baru menemukan judul buku ini hari ini. Kira” masih ª∂ᵃ ngga ya skrg?

  85. Pak mohon bimbingan ya pak.
    Saya ce muslim sedangkan co sya non muslim.
    Hbgan kmi ingin melangkah ke pernikahan,akan tetapi bapak dan ibuk sya tdk setuju dkarena kan calon sya non muslim.
    Seandenya saya menikah NBA,tetapi sya tdk menikah dKUA&catatan sipil.

  86. Dear Pak Nurcholis,

    Saya seorang wanita muslim dan mempunyai pasangan yang beragama katholik. Kami berdua saat ini sedang dalam masa pacaran namun sudah mempunyai niat untuk serius.

    Orang tua saya telah mengetahui mengenai hubungan beda agama saya ini, mereka juga sangat akrab dengan pasangan saya. bahkan keluarga besar saya pun telah banyak yang mengetahui dan menyetujui hubungan saya, namun mereka tidak mengetahui sebenarnya pasangan saya beragama non muslim. Saya pun ragu untuk berterus terang, sebab keluarga besar saya keturunan pakistan yang sangat kental dengan agama islam.

    Saya takut apabila keluarga besar saya mengetahui agama pasangan saya dan hal itu akan mengubah sikap atau cara pandang orang tua saya mengenai hubungan kami.

    Padahal beberapa kali pasangan saya sudah membicarakan mengenai pernikahan kepada saya, namun terkadang hati saya masih merasa takut dengan cibiran yang akan saya terima apabila saya menikah dengan seorang beragama katholik. Teman saya pun pernah menyampaikan apabila anak yang dilahirkan dari pernikahan beda agama itu adalah anak haram. betul kah demikian pak?

    Mohon bantuannya Pak Nur.

    Terima kasih.

  87. wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan
    wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). (QS An Nur:26)

    wahai saudara-saudaraku yang seiman, janganlah kalian membangun sebuah rumah tangga hanya karena nafsu semata.
    bersabarlah saudaraku dalam bertawakal kepada AlloH subhanaHu wata’ala.

    إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الإسْلام

  88. pak saya mencari buku anda di seluruh toko buku di semarang kok g ada y?
    sya harus mencari kemana ya?
    mohon informasinya….

    • Pak kiki, saya dpt buku ini secara online thn 2012, coba anda cari ∂ί lazada.com, siapa tahu masih tersedia. Semoga bermanfaat…

      • Dear Kiki
        Buku2 tsb bisa dipesan melalui kami. Sila kontak Harmoni Mitra Media, tlp. 021-4124 7382, 0812 8064 9567
        Tks.
        Salam,
        Nurcholish

  89. assalamualaikum,,
    pak saya bingug dengan jalan percintaan saya,, saya seorang muslim N pacar saya seorang kristen,,, kami ada niat untuk melangsungkan pernikahan, tapi terhambat oleh bedanya agama kami, kami sama2 keras mempertahankan agama masing2,, jalan keluarx seperti apa pak saya bingug,,,

    • Ass pak,
      Mau tny, yg di bahas diatas kebanyakan antara kristen dan muslim.
      Tp sy keadaanya brbeda, sy muslim dan pasangan sy budha, hubungan kami awal ny indah, msh di restui ortu masing2, tp skrg smw brubah, ortu pasangan sy mmprmasalahkan beda agama tsb, pdhl awal nya mereka menyetujui dan sy pun sdh mnt ijin utk menikahinya. Mohon bantuan pandanganya pak utk menuju kehindahan cinta.
      Wass.

  90. Assalamualaikum Pak,

    Nama saya Maya, tadi saya sudah mengirimkan pesan melalui email. Looking forward for your feedback.

    Thank you, Wassalamualaikum


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: