Oleh: ahmadnurcholish | September 16, 2008

Pengadilan Syariah Nigeria Tahan Pria Dengan 86 Istri

Pengadilan Syariah Nigeria Tahan Pria Dengan 86 Istri

Abuja (ANTARA News) – Pengadilah Syariah di Nigeria, Senin, menahan seorang tokoh agama berusia 84 tahun yang memiliki 86 istri, setelah ia tak mengindahkan seruan para tetua setempat agar menceraikan mereka dan hanya menyisakan empat istri saja.

Pihak berwenang di negara bagian Nigeria tengah mendakwa Mohammed Bello melakukan penghinaan terhadap ajaran agama dan menikah secara tidak sah, setelah tetua setempat dan tokoh agama Islam memberi dia waktu sampai 7 September untuk mematuhi Syariah Islam, yang mengizinkan seorang pria memiliki istri tak lebih dari empat.Tokoh agama tersebut, yang tinggal bersama istri-istri serta sebanyak 170 anaknya di kota kecil Bida, menyatakan dirinya tak bersalah terhadap dakwaan di Pengadilan Tinggi Syariah di ibukota negara bagian itu, Minna.

Hakim Abdul Imam, yang menolak permohonan jaminan Bello dan memerintahkan ia dijebloskan ke dalam penjara untuk memungkinkan polisi menuntaskan penyidikan mereka, menunda pengadilan tersebut hingga 6 Oktober.

Penahanan Bello terjadi kurang dari satu pekan sejak ia diberi penangguhan hukuman sementara oleh satu pengadilan perdata di ibukota Nigeria, Abuja, tempat ia mengajukan petisi terhadap ulama Islam dan tetua setempat yang mengancam akan membuang dia kalau ia gagal menceraikan 82 istrinya.

 

Tokoh agama tersebut mengatakan ancaman itu melanggar haknya untuk hidup dan kebebasan pribadi. Pengadilan memberi Bello perlindungan sementara dari pembuangan, tapi Komisi Syari`ah Negara Bagian Nigeria pada Senin memutuskan untuk mendakwa dia di pengadilan Syari`ah.Bello telah menerima sejumlah ancaman pembunuhan setelah media Nigeria mulai melaporkan situasi perkawinannya yang tak biasa, kata jurubicaranya, seperti dilaporkan Reuters.

Beberapa surat kabar pada awal September melaporkan bahwa Bello telah setuju pada suatu pertemuan dengan beberapa pejabat lokal untuk menceraikan semua, kecuali empat, istrinya dan telah meminta waktu untuk memulangkan mereka kepada keluarga mereka.

Tetapi jurubicaranya belakangan membantah laporan itu dan mengatakan tokoh agama tersebut malah bermaksud menikahi beberapa perempuan lagi.

Kasusnya telah menyulut kontroversi di negara berpenduduk paling padat di Afrika tersebut, yang memiliki 140 juta warga, sebanyak separuh dari mereka adalah Muslim.

Banyak ulama Muslim mengatakan Islam mengizinkan pria memiliki sampai empat istri dalam satu masa tapi ia harus memperlakukan mereka secara adil.

[ ] antara.co.id


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: